Rabu, 04 April 2012

Instal Ulang Komputer (lengkap Dengan Gambar)

Langkah dan Tahap Format Ulang Hard Disk dan instal ulang operating system kali ini sudah saya perbarui dengan menggunakan gambar, silahkan ikuti langkah-langkah  Cara Format Komputer Dan Instal Ulang Windows XP dengan Gambar dibawah ini.
1. Back up / data-data penting yang ada di hardisk karena dengan format akan menghapus semua file yang ada di hard disk kita.
2. Ganti Setting Bios, Ketika komputer dihidupkan kita mesti masuk ke tampilan bios dulu untuk menyetting pilihan urutan booting. jadi ketika kita baru nyalain komputer kita, kita tekan tombol DELETE sampai bios tampil di layar monitor komputer kita.
3. Setelah masuk bios (layar menu yang berwarna biru) masuk ke Boot >>  Boot Device Priority , kemudian ganti urutan booting dengan urutan yang paling atas adalah DVD/CD ROM .
4. Kemudian exit dan RESTART Komputer anda.
5. Setelah masuk pada tampilan selanjutnya, silahkan tekan Enter dan kemudian lanjut pada proses instal
6. Sekarang lanjut lagi pada Lisencing Agreement tekan F8 untuk lanjut atau jika anda ingin batalkan proses, anda bisa tekan ESC.
7. Nah, pada langkah 7 ini posisi komputer kita belum terpartisi, jadi masih ada 1 DRIVE saja, yaitu drive C, tapi bisa juga sudah terpartisi (hal ini terlihat ada DRIVE selain C) ini terjadi jika sebelumnya anda sudah pernah mem-partisi hardisknya. Nah, sekarang tekan C untuk membuat partisi yang baru pada harddisknya dan kemudian Enter untuk menginstal.
8. Nah, pada langkah nomor 8 ini silahkan anda tentukan seberapa besar kapasitas masing-masing partisi yang anda inginkan dalam satuan megabytes(MB), setelah selesai anda menentukan masing-masing ukuran partisi silahkan tekan Enter untuk membuat partisinya, untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada gambar.
9. Setelah anda membuat partisi, anda pun masih bisa menghapusnya, silahkan tekan Enter untuk melanjutkan proses instalasi atau jika anda ingin menghapus partisi anda bisa pilih Delete. Jika anda memutuskan untuk melanjutkan proses instalasi maka abaikan langkah pada nomor 9 ini.
10. setelah anda memutuskan untuk melanjutkan proses instalasi silahkan anda pilih NTFS file system (Quick) atau bisa juga FAT file system (Quick) lalu kemudian tekan Enter.
11. Setelah proses instalasi dilakukan secara benar, maka akan secara otomatis komputer akan merestart sendiri, dan kemudian akan muncul logo WINDOWS nya.
12. Pada proses instalasi, anda akan menemui proses seperti gambar dibawah ini, silahkan tekan next saja.
13. Nah, dilangkah selanjutnya akan ada kolom yang harus anda lengkapi, silahkan isikan dengan Nama dan Organisasi Kamu, kemudian tekan Next.
14. Setelah proses pengisian kolom pada data nomor 13 selesai, maka pada langkah selanjutnya kita akan  disuruh mengisikan Produk Key atau Serial Number untuk Windowsnya, anda tidak bisa melanjutkan proses instalasi jika serial numbernya belum selesai, jika sudah ada serial numbernya, maka silahkan pilih next.
15. Setelah berhasil memasukan serial number di langkah 14 tadi, maka dilangkah selanjutnya anda akan diminta untuk mengisikan nama komputer dan password untuk komputer anda, jika sudah diisi maka silahkan pilih Next. Tapi jika anda tidak mau memberikan password untuk komputer anda, maka silahkan klik next saja.
16. nah, sekarang kita melakukan set Time Zone pada posisi (GMT+7), hal ini karena kita berada di Indonesia, selanjutnya klik Next lagi.
17. Nah, dilangkah ke 17 ini akan ada 2 pilihan setting, yang pertama adalah Typical settings: Pada option ini  maka settingan jaringanyang ada di komputer kita akan dibuat menjadi default windows, dan setting yang kedua adalah Custom settings: Untuk mensetting jaringan pada komputer kita secara manual. Saran saya anda lebih baik pilih yang optional pertama saja yaitu Typical settings.
19. Jika anda sudah melengkapi langkah nomor 18, maka langkah selanjutnya tinggal mudahnya saja, karena  nanti kita tinggal mengklik Ok,Next,Skip dan Finish, oiya sama satu lagi, nanti kita juga diminta untuk mengisikan nama kita. Setelah semua proses udah dilakukan dengan benar, maka nantinya kita akan masuk ke halaman tampilan Dekstop Windows seperti gambar di bawah ini.
20. Proses instalasi windows selesai, dan selanjutnya anda tinggal Install Driver dan Software lainnya yang anda inginkan, misalnya instal microsoft office dsb. Semoga Membantu, jika ada kritik atau saran silahkan tuliskan di komentar.
Tag:cara instal komputer, cara instal ulang komputer, cara format komputer, cara menginstal ulang komputer, instal komputer, cara menginstal komputer, cara instal ulang pc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar